Info Aktual

Uploaded:


Universitas Esa Unggul Jakarta Gandeng IJTI Gelar Uji Keahlian Mahasiswanya



Jakarta. Lima puluh mahasiswa Universitas Esa Unggul Jakarta, mengikuti uji keahlian dasar jurnalis televisi. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, kerjasama antara Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dan Univeritas Esa Unggul.

 

Selama dua hari, para mahasiswa tingkat akhir itu, menjalani serangkaian uji kemampuan terkait jurnalis televisi, oleh 10 assessor dari IJTI.  "Mahasiswa terlihat antusias untuk mengikuti uji kali ini, " kata Indria Purnamahadi, Sekretaris Jenderal IJTI.

 

Uji Keahlian Dasar Jurnalis Televisi ini, menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa yang akan lulus. "Selain ijazah, mahasiswa lulusan perguruan tinggi juga harus memiliki Sertifikat Keterangan Pendamping Ijazah atau SKPI, " kata Rilla Gantanio, Kepala Lembaga Pendidikan Berkelanjutan Universitas Esa Unggul.

 

SKPI atau Diploma Supplement menerangkan kemampuan yang dibutuhkan sebagai prasayarat dalam persaingan dunia kerja dilihat dari latar belakang lulusannya. Landasan hukumnya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi.

 

Peserta uji keahlian dasar jurnalis televisi ini dibagi menjadi tiga kelompok profesi, reporter, juru kamera dan video editor. "Materi sudah uji disesuaikan dengan mata kuliah yang mereka dapat di kampus, dan dengan kebutuhan dunia kerja, " kata Rachmat Hidayat, Kepala Lembaga Uji Kompetensi Jurnalis Televisi IJTI.

 

Seperti halnya profesi jurnalis, pola uji bagi mahasiswa terdiri dari observasi, uji tertulis dan praktikum, serta interview.