Info Aktual

Uploaded:


Uji Keahlian Dasar Jurnalis Televisi : Ijazah Hanya Tanda Lulus



Wakil Rektor UKD Serang



Empat puluh tiga mahasiswa Universitas Serang Raya (Unsera), Serang, Banten, selama dua hari mengikuti kegiatan Uji Keahlian Dasar Jurnalis Televisi. Kegiatan yang berlangsung 20-21 Juli 2019 itu, menjadi bagian dari program sertifikasi mahasiswa program studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Unsera. "Ini yang pertama kali buat mahasiswa program studi jurnalistik di Serang", kata Abdul Malik, Wakil Rektor Unsera. Menurutnya, lembaga pendidikan seperti Unsera, harus memfasilitasi kegiatan sertifikasi.

 

Wakil Rektor Unsera Bidang Akademik itu mengatakan, sertifikasi sangat penting, melihat perkembangan dunia usaha yang pesat dan dinamis. Persaingan untuk masuk ke industri sangat ketat. " Ijazah hanya surat tanda lulus, tapi belum punya keahlian. Nanti sebelum sidang skripsi, mahasiswa akan ditanya punya keahlian apa," katanya.

 

Mahasiswa yang sudah lulus Uji Keahlian Dasar Jurnalis Televisi, nantinya akan mendapat Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), yang menjadi syarat kelulusan. "Kami mempercayakan mahasiswa kami diuji assessor dari IJTI, yang berasal dari stasiun televisi nasional, yang profesionalitasnya sudah tidak diragukan lagi," kata Media Sucahya, Ketua Panitia

 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Indria Purnamahadi mengatakan, kegiatan Uji Keahlian Dasar Jurnalis Televisi, menjadi langkah awal bagi mahasiswa sebelum masuk dunia industri. "Dan IJTI menjadi lembaga uji yang terdaftar di Kementrian Tenaga Kerja untuk uji kompetensi dan profesi bidang jurnalis televisi," katanya. Menurutnya, IJTI memiliki komitmen besar untuk memberikan sumbangsih bagi jurnalis televisi, mahasiswa dan masyarakat, dalam menambah wawasan dan kompetensi dunia penyiaran. (rch)