Info Aktual

Uploaded:


TANTANGAN JURNALIS TV DI ERA INDUSTRI 4.0



Sekjen IJTI Pusat Indria Purnama Hadi memberikan potongan tumpeng HUT Ke-21 IJTI kepada Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, saat Kick Off Bulan Jurnalistik 2019 & Diskusi Publik, di Gd Dewan Pers, Rabu (21/8/19)



Jakarta. Revolusi industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri bagi para jurnalis televisi di tanah air. perkembangan teknologi yang pesat memberi dinamika tersendiri dalam dunia televisi.

 

“Salah satu yang tengah menjadi perhatian di dunia teknologi adalah perkembangan Artificial Inteligen (AI) atau kecerdasan buatan. Dengan AI kedepan tidak menutup kemungkinan penulis berita atau pembaca berita bisa digantikan dengan teknologi buatan,” jelas Ketua Dewan Pertimbangan IJTI Imam Wahyudi saat memberikan sambutan dalam acara Kick Off Bulan Jurnalistik dan Diskusi Publik bertemakan “Tantangan Jurnalis TV di Era Industri 4.0” di Hall Dewan Pers, Jakarta, (21/8/19).  

 

Imam menambahkan, perubahan dan perkembangan teknologi harus disikapi dan antisipasi secara bijak dengan terus meningkatkan skill, pengetahuan serta kompentensi para jurnalis tv. Dalam praktiknya jurnalis televisi kini tidak hanya sekedar melaporkan sebuah peristiwa namun juga mampu beradaptasi dengan berubahan zaman dengan menguasai berbagai teknologi untuk mendukung tugas-tugas jurnalistik.

 

“Tanpa harus kehilangan idealisme, jurnalis TV bisa beradaptasi dengan perubahan zaman salah satunya memahami cara kerja media baru yang tengah berkembang,” jelas Imam.

 

Sementara itu Ketua Umum IJTI, Yadi Hendriana, mengatakan jurnalis TV dan media mainstream harus mampu mempertahankan nilai-nilai jurnalisme dalam setiap karya jurnalistiknya. Sehingga jurnalis TV mampu menjadi penerang di tengah maraknya peredaran misinfromasi dan diinformasi di media sosial. “Semua informasi yang disajikan oleh para jurnalis TV adalah fakta yang terverifikasi sesuai kode etik jurnalistik yang ditujukan untuk mencerahkan masyarakat banyak,” kata Yadi

 

Dalam Diskusi Publik bertemakan “Tantangan Jurnalis TV di Era Industri 4.0” menghadirkan sejumlah pembicara seperti, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Hukum Henri Subiakto, Ketua KPI Pusat Agung Suprio dan Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo.

 

Rangkaian acara ini dibuka dengan pemotongan tumpeng untuk merayakan Hari Ulang Tahun Ke-21 IJTI oleh Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana, Sekjen Indria Purnama Hadi dan Ketua Dewan Pertimbangan Imam Wahyudi. Hadir dalam acara ini para pemimpin redaksi dari sejumlah media televisi. (Tim)