Info Aktual

Uploaded:


Mencetak Jurnalis Kompeten Di Nol Kilometer



Sebanyak 27 jurnalis mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJTV) yang diadakan Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Aceh, di Nol Kilometer, Sabang, Aceh, Jumat (4/10/2019)



SABANG - Sebanyak 27 jurnalis mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJTV) yang diadakan Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Aceh, di Nol Kilometer, Sabang, Aceh, Jumat (4/10/2019).

 

Asesor yang juga Koordinator UKJ Muhammad Jazuli mengatakan, uji kompetensi merupakan bentuk tangung jawab IJTI sebagai organisasi pers. Oleh karena itu IJTI akan terus melakukan UKJTV untuk mencetak jurnalis TV yang kompeten, sekaligus sebagai upaya menyaring mana jurnalis profesional dan mana yang abal-abal.

 

"UKJTV menjadi suatu kewajiban bagi para jurnalis tv. Dengan mengikuti UKJTV maka akan teruji dan terjaga profesionalitas sebagai jurnalis," terang Jazuli.

 

Sementara itu Ketua IJTI Aceh Munir Noer mengatakan, UKJTV ini merupakan sejarah awal untuk organisasi IJTI Aceh, dimana masa kerja untuk setiap peserta rata - rata dari 4 tahun sampai 32 tahun dalam dunia jurnalistik, baru kali ini berkesempatan mengikuti ujian profesi.

 

"Penguji yang datang hari ini berasal dari Dewan Pers dan IJTI Pusat, tentunya mereka orang - orang yang berkompeten di bidangnya," kata Munir Noer.

 

UKJTV yang  mengusung tema "Dari Nol Kilometer Lahirkan Jurnalis Berkualitas" ini berlangsung selama dua hari (4-5/10/2019). 27 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Aceh mengikuti UKJTV dengan penuh antusias. Bahkan ada beberapa peserta yang berasal dari Aceh Tenggara yang harus menempuh perjalanan hingga lebih dari satu hari menuju Sabang demi bisa mengikuti UKJTV. (JAZ)