Info Aktual

Uploaded:


Jamin Standar Kompetensi Para Jurnalis, RTV Kembali Gelar UKJTV



Para penguji IJTI melakukan sesi foto bersama dengan para peserta UKJTV di Kantor RTV, Jakarta. UKJTV digelar salama dua hari, Kamis-Jumat (31 Okt-01 Nov 2019)



(Jakarta) RTV kembali melaksanakan Uji Kompetensi Jurnalis TV (UKJTV). UKJTV yang diselenggarakan selama dua hari, Kamis-Jumat (31 Oktober – 1 November 2019) diikuti 7 jurnalis dari berbagai level. UKJTV dilaksanakan di kantor RTV di Jl HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

 

Wakil Pemimpin Redaksi RTV Makroen Sanjaya mengatakan, UKJTV sangat penting karena menjadi tolok ukur kompetensi bagi para jurnalis.  "Melalui UKJ TV ini selain bentuk kita sebagai jurnalis yang taat dan tertib akan administrasi & sertifikasi, tetapi ini juga sebagai cermin apakah kita kompeten atau tidak sebagai profesi kita dalam mengerjakan tugas sehari-hari," jelas Makroen.

 

Sementara itu salah satu peserta UKJTV Mario Yosef mengaku sangat senang bisa mengikuti UKJTV yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan sama sekali. " Sebenarnya dulu tidak sempat terpikir oleh saya untuk ikut sertifikasi, tetapi setelah mengikuti UKJ ini saya seolah disadarkan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk pekerjaan kita sehari-hari,” kata Yosef.

 

Sementara itu ketua Umum IJTI Yadi Hendriana menegaskan, UKJTV menjadi suatu keharusan bagi jurnalis TV. Oleh karena itu Ia akan terus mendorong bagi perusahaan pers / stasiun TV yang belum melaksanakan UKJTV untuk segera melakukan uji kompetensi bagi seluruh jurnalisnya.

 

7 peserta yang mengikuti UKJTV di RTV diuji oleh 2 penguji dari IJTI yakni, Rijanto Witjaksono  dan Moebanoe Moera serta 3 penguji pendamping. Kedepan diharapkan seluruh jurnalis televisi di Ibukota sudah tersertifikasi melalui UKJTV. (wt)