Info Aktual

Uploaded:


Dini Hari Menanti Hasil Uji



Peserta UKJTV melakukan foto bersama usai mengikuti UKJTV yang diselenggrakan IJTI Pengda Kaltim, di hotel Aston Samarinda, Minggu (29/12).



Samarinda, Kaltim. Raut gelisah terlihat di wajah Rusdiana, saat duduk di loby Aston Samarinda, Minggu (29/12) dini hari. Sesekali jemari jurnalis TVRI itu, menggenggam secarik kertas, dan menggulungnya berulang kali. "Bingung mau ngomong apa," katanya. Diana Bunger, panggilan Rusdiana, tidak sendiri. Bersama sembilan belas jurnalis TV lainnya, ia tengah menanti hasil Uji Kompetensi Jurnalis TV (UKJTV) yang baru saja diikutinya.

 

UKJTV yang diselenggarakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Kalimantan timur berlangsung selama dua hari. Proses sertifikasi itu, diikuti jurnalis televisi yang bertugas di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan timur. "Ikut ujian malah nambah ilmu," kata Agust Sabhara, Jurnalis TV One, yang bertugas di Balikpapan. Ilmu yang dimaksud Agust, terkait pengetahuan tentang proses pra produksi, produksi dan pasca produksi, serta aturan hukum yang harus dipatuhi seorang jurnalis televisi. " Banyak ilmu baru yang kami dapat selama ikut uji kompetensi," kata Maskaryadiansyah, jurnalis iNews, menambahkan.

 

Saat jarum jam menunjukkan pukul 02.50 WITA, satu persatu peserta melihat hasil Uji Kompetensi di meja assessor. "Hasil uji kompetensi tidak diumumkan secara terbuka, dan hanya assessor dan peserta yang tahu," kata Rachmat Hidayat, Kepala Lembaga UKJTV IJTI. Suasana loby Aston Samarinda semakin hening, saat masing masing peserta, melihat hasil uji kompetensi. Tidak ada yang berbicara dengan suara tinggi.

 

David Andriyawan, jurnalis CNN Indonesia, menjadi peserta terakhir yang melihat hasil uji kompetensi. "Semoga dengan UKJTV ini, wartawan berkompeten dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya sehari hari," katanya. Kegiatan uji kompetensi ditutup dengan foto bersama. "Saya bersyukur sudah melalui masa perjuangan. Mudah mudahan pengetahuan yang kami dapat bisa bermanfaat," kata M.Amin, Jurnalis Tepian TV. (rch)